Kamis, 06 November 2008

PENGARUH POLUSI AIR TERHADAP LINGKUNGAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Semakin majunya teknologi semakin banyak pula pabrik yang berdiri.Hal itu membuat banyak sekali limbah yang dibuang,contohnya pabrik yang berlokasi di daerah nompo mojokerto membuang limbah di sungai brantas,dampaknya airnya susah untuk disaring di PDAM.

1.2 RUMUSAN MASALAH

Dari uraian di atas dapat di ketahui begitu dampaknya polusi air terhadap lingkungan.Apakah pengaruh polusi "Air" terhadap lingkungan .

1.3 TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitan ini adalah ingin mengerti seberapa besarnya pengaruh polusi air terhadap lingkungan.

1.4 MANFAAT PENELITIAN

Dapat mengetahui pengaruh polusi air terhadap lingkungan.


BAB II

METODE PENELITIAN

2.1 Populasi dan Sampel

2.1.1 Populasi

kebanyakan populasi Ini saya dapat dari berberapa macam buku tentang air, dan sebagian ibu-ibu di sekitar rumah saya.

2.1.2 sampel

Sampel ini diambil dari salah satu ibu-ibu di sekitar rumah saya, salah satunya adalah ibu saya sendiri yang berpendapat bahwa pengaruh polusi air terhadap lingkungan adalah sebagai berikut: pengaruh polusi air terhadap lingkungan itu sangat berbahaya dan dapat menjadi penyakit yang sangat menyeramkan bagi keluarga. ujar ibu saya sendiri

2.2 RANCANGAN DAN PELAKSANAAN PENELITIAN

2.2.1 Rancagan penelitian

penelitian ini dirancang untuk semua orang untuk waspada kepada polusi air yang berpengaruh pada lingkungan.

2.2.2 Pelaksanaan penelitian

Penelitian ini dilaksanakan agar semua orang di Indonesia tahu seberapa pentingnya pengaruh polusi air terhadap lingkungan.

2.3 Intrument penelitian

- Apa pengaruh polusi air terhadap lingkungan?

- Apakah pengaruh polusi air terhadap lingkungan sangat berbahaya?

2.4 Data penelitian

- AIR KOTOR AIR BERSIH. Beberapa gelas plastik bekas minum aqua diperlukan untuk menampung berbagai air yang anak-anak ambil dari kolam/sumur, parit, tempayang penampung air hujan, dan kalau mungkin dari PDAM. Tentu juga diperlukan air pembanding yang diperoleh dari botol aqua. Deretan gelas yang berisi berbagai air menurut asalnya ini didiamkan selama satu malam. Hari berikutnya, anak-anak diminta mengamati endapan yang terjadi. Mereka juga diajak untuk membandingkan kejernihannya.

- pengaruh polusi air terhadap lingkungan adalah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan seseorang sakit parah bahkan meninggal.

BAB III

HASIL PENELITIAN

Apakah pengaruh polusi "Air" terhadap lingkungan ?

Pengaruh polusi air terhadap lingkungan adalh sebagai berikut:

  • Bahaya Dari Akibat Polusi Air
    Bibit-bibit penyakit berbagai zat yang bersifat racun dan bahan radioaktif dapat merugikan manusia. Berbagai polutan memerlukan O2 untuk pengurainya. Jika O2 kurang , pengurainya tidak sempurna dan menyebabkan air berubah warnanya dan berbau busuk. Bahan atau logam yang berbahaya seperti arsenat, uradium, krom, timah, air raksa, benzon, tetraklorida, karbon dan lain-lain. Bahan-bahan tesebut dapat merusak organ tubuh manusia atau dapat menyebabkan kanker. Sejumlah besar limbah dari sungai akan masuk kelaut.
    Polutan ini dapat merusak kehidupan air sekitar muara sungai dan sebagian kecil laut muara. Bahan-bahan yang berbahaya masuk kelaut atau samudera mempunyai akibat jangka panjang yang belum diketahui. Banyak jenis kerang-kerangan yang mungkin mengandung zat yang berbahaya untuk dimakan. Laut dapat pula tecemar oleh minyak yang asalnya mungkin dari pemukiman, pabrik, melalui sungai atau dari kapal tanker yang rusak. Minyak dapat mematikan, burung dan hewan laut lainnya, sebagai contoh, efek keracunan hingga dapat dilihat di Jepang. Merkuri yang dibuang sebuah industri plastik keteluk minamata terakumulasi di jaringan tubuh ikan dan masyarakat yang mengkonsumsinya menderita cacat dan meninggal.
    Akibat yang ditimbulkan oleh polusi air:
    a. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya, kandungan oksigen
    b. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air (eurotrofikasi) 
    c. Pendangkalan dasar perairan
    d. Tersumbatnya penyaring reservoir, dan menyebabkan perubahan ekologi
    e. Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat 
    f. Akibat penggunaan pertisida yang berlebihan sesuai selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan makhluk berguna terutama predator
    g. Kematian biota kuno, seperti plankton, iakn, bahkan burung
    h. Mutasi sel, kanker, dan leukeumia
  • Macam-Macam Sumber Polusi Air
    Sumber polusi air antara lain limbah industri, pertanian dan rumah tangga. Ada beberapa tipe polutan yang dapat masuk perairan yaitu : bahan-bahan yang mengandung bibit penyakit, bahan-bahan yang banyak membutuhkan oksigen untuk pengurainya, bahan-bahan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian, bahan-bahan yang tidak sedimen (endapan), dan bahan-bahan yang mengandung radioaktif dan panas.
    Penggunaan insektisida seperti DDT (Dichloro Diphenil Trichonethan) oleh para petani, untuk memberantas hama tanaman dan serangga penyebar penyakit lain secara berlabihan dapat mengakibatkan pencemaran air. Terjadinya pembusukan yang berlebihan diperairan dapat pula menyebabkan pencemeran. Pembuangan sampah dapat mengakibatkan kadar O2 terlarut dalam air semakin berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk.
    Pembuangan sampah organic maupun yang anorganic yang dibuang kesungai terus-menerus, selain mencemari air, terutama dimusim hujan ini akan menimbulkan banjir. Belakangan ini musibah karena polusi air datang seakan tidak terbendung lagi disetip musim hujan. Sebenarnya air hujan adalah rahmat. Akan tetapi rahmat dapat menjadi ujian apabila kita tidak mengelolanyadengan benar.
    Jika kita amati, air adalah unsur alam yang penting bagi manusia dengan sifat mengalir dan meresapnya. Apabila jalur-jalur alirannya terganggu dan lahan resapannya terbatas, air akan mengalir kesegala penjuru mengisi ruang-ruang yang paling rendah. Akhirnya terjadilah banjir. Karena itu yang disebut polusi air karena banyak kita yang kurang disiplin, misalnya dalam kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan.
    Musibah banjir dapat terbagi dua akibat polusi air antara lain :
    1. Banjir bandang (banjir besar), terjadi akibat air meluap dari jalur-jalur aliran (sungai) dengan volume air yang besar.
    2. Banjir genangan yaitu banjir local (setempat) akibat tergenangnya / terkonsentrasinya air hujan disuatu daerah yang saluran air (arainase) dan lahan resapannya terbatas. Akibatnya dalam waktu tertentu (temporer) air akan mengalir disekitar lingkungan rumah kita.

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Dengan membuat penelitian ini saya bisa menyimpulkan bahwa pengaruh polusi air terhadap lingkungan wajib di waspadai.

4.2 Saran

Dengan penelitian ini saya menyarankan supaya hati-hati kepada polusi air karena dapat menyebabkan penyakit, kelumpuhan, dan bahkan kematian.

DAFTAR PUSTAKA

  • Blogger Anak Ceramai
  • Tetangga saya yang tinggal di jalan Sidomulyo I.

Tidak ada komentar: